BANDA ACEH – Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2020, akan menggunakan metode digitalisasi. Masyarakat dapat mengupdate data sendiri melalui website yang disediakan.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Provinsi Aceh, Wahyudin saat melakukan audiensi dengan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Jumat, 23 Agustus 2019. Wahyuddin menjelaskan, BPS ditugaskan oleh pemerintah untuk melaksanakan sensus penduduk tahun 2020.

Nantinya, kata dia, data kependudukan pada tahun 2020 itu akan digunakan pemerintah sebagai landasan merumuskan kebijakan pembangunan. Untuk menyukseskan sensus tersebut, pihaknya kini gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat bahwa ada sensus pada tahun 2020. “Pada bulan Juli, kita akan melakukan pendataan metode lain (tradisional). Karena tidak semua orang bisa mengakses internet,” ujar Wahyuddin.

Sementara itu Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyambut baik rencana Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh untuk melaksanakan sensus penduduk pada tahun 2020. Pihaknya, siap memberi dukungan berupa imbauan kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan program 10 tahunan BPS itu. “Sensus itu memang merupakan kebutuhan semua orang,” ujar Nova Iriansyah.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here