TAPAKTUAN – Bantuan boat untuk kelompok nelayan di Kabupaten Aceh Selatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dipastikan gagal. Pasalnya, rekanan yang memenangkan tender proyek tersebut tidak mampu merampungkan pekerjaan hingga berakhirnya tahun anggaran 2016.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Adi Suhaima. Meski demikian kata Adi Suhaiman, proyek serupa kembali diprogramkan pada tahun 2017. Namun sistem penyaluran boat bantuan berbeda dengan tahun 2016 yang diberikan pilihan kepada penerima untuk memilih jenis boat, sedangkan tahun 2017 pihak kementerian langsung menentukan jenis boat yang akan disalurkan setelah meninjau lokasi wilayah perairan masing- masing daerah penerima.

“Untuk Aceh Selatan sendiri, baru-baru ini sudah turun tim dari kementerian melakukan pengecekan lokasi kondisi perairan laut kita. Atas dasar itulah nantinya dibuat boat bantuan untuk nelayan Aceh Selatan,” ujarnya.

Sedangkan terkait beberapa nama nelayan calon penerima bantuan dimasukkan dalam Koperasi Rahmad Sejahtera menurut Adi Suhaima memang aturan atau ketentuan dari pihak kementerian yang mengharuskan demikian, sebab penerima bantuan tersebut harus lembaga berbadan hukum. [Hendri Z]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here