JAKARTA – Hasil Survei Perbankan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mengindikasikan pertumbuhan kredit baru pada triwulan III-2017 melambat, namun diperkirakan menguat pada triwulan IV-2017.

Hal tersebut terindikasi dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru pada triwulan III-2017 sebesar 77,9%, menurun dari 84,8% pada triwulan sebelumnya, kemudian meningkat menjadi 98,1% pada triwulan IV-2017.

Perkiraan BI atas peningkatan penyaluran kredit baru pada triwulan IV 2017 nanti terutama didukung oleh faktor perkiraan membaiknya pertumbuhan ekonomi dan adanya penurunan suku bunga kredit sejalan dengan pelonggaran kebijakan moneter yang telah dilakukan. Selain itu kebijakan penyaluran kredit perbankan pada triwulan IV-2017 juga diperkirakan lebih longgar.

Pelonggaran kebijakan terutama berupa penurunan biaya persetujuan kredit, peningkatan plafon kredit (credit lines), dan penurunan suku bunga kredit. Untuk keseluruhan tahun 2017, hasil survei mengindikasikan pertumbuhan penyaluran kredit diperkirakan sebesar 10,6% (yoy), masih lebih rendah jika dibandingkan survei sebelumnya yang memperkirakan sebesar 12,4% (yoy)[HK/rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here