Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan Pertama 2019 Menurun

0
138

BANDA ACEH – Kinerja ekonomi Aceh pada triwulan pertama tahun 2019 hanya tumbuh 3,88 persen. Lebih rendah dari triwulan sebelumnya yang mencapai 5,43 persen. Pertumbuhan masih ditopang sektor pertanian dan pertambangan.

Sementara itu, dari sisi pengeluaran, komponen konsumsi pemerintah, investasi, serta konsumsi rumah tangga menjadi sumber utama kinerja ekonomi pada triwulan pertama 2019.

Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Aceh akan meningkat pada triwulan kedua 2019. Dari sisi pengeluaran, peningkatan tersebut diperkirakan utamanya didukung oleh akselerasi pada komponen konsumsi rumah tangga. Sementara dari sisi sektoral, kinerja sektor pertanian, perdagangan, konstruksi, dan administrasi pemerintahan diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu tingkat realisasi pendapatan terhadap pagu APBA Pemerintah Provinsi Aceh pada triwulan pertama 2019 lebih tinggi dibandingkan realisasi pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Peningkatan realisasi pendapatan tersebut bersumber dari peningkatan realisasi Pendapatan Asli Aceh serta pendapatan transfer.

Realisasi belanja terhadap pagu APBA juga mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Peningkatan realisasi belanja APBA terutama didorong oleh peningkatan realisasi belanja operasi, transfer dan belanja tak terduga. Begitupun dengan belanja APBN yang mengalami peningkatan dan bersumber dari pos transfer ke daerah dan dana desa.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here