NEW YORK – Sembilan penari saman dari Kabupaten Gayo Lues telah berangkat ke Amerika Serikat, Senin malam, 27 Mei 2019 melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Selama di Amerika mereka akan tampil di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan gedung Washington DC.

Para penari Saman dari negeri seribu bukit itu adalah Syarifuddin, Abubakar, Harun, Ismail, Safaruddin, Tahir, Robianto, Alimuddin, dan Armada, sedangkan satu orang pendamping yang ikut mengurusi penari Saman adalah Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin.

Syafrudin mengatakan tari saman Gayo Lues sudah lama diakui oleh lembaga dunia UNESCO sebagai warisan dunia tak benda, sehingga kerap diundang untuk tampil di berbagai negara. Para penari saman itu akan berada di Amerika sejak 29 Mai sampai 1 Juni 2019. Mereka diundang ke negeri Paman Sam tersebut dalam rangka perayaan ke-70 tahun hubungan Diplomasi Indonesia dengan Amerika Serikat.

“Untuk jadwal penampilan Tari Saman Gayo Lues di gedung Wasington DC kemungkinan tanggal 3 Juni nanti, dan kami baru mendapatkan informasi dari panitia,” katanya saat menunggu penerbangan menuju Amerika Serikat dari Bandar Udara Soekarno Hatta.

“Kami memohon do’a dan dukungan dari masyarakat Gayo Lues, masyarkat Aceh dan Indonesia umumnya, supaya dengan penampilan tari Saman ini, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh bisa lebih dikenal oleh dunia,” ujarnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here