MOSKOW – Pemerintah Aceh ikut ambil bagian dalam Indonesia Festival ke-4 di Moscow, Rusia. Beragam potensi Aceh dipromosikan, 1 hingga 4 Agustus 2019.

Delegasi dari Aceh terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Bappeda Aceh, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, PT. Pembangunan Aceh, Dinas Pangan Aceh. Beberapa beberapa pengusaha/IKM Aceh juga ikut diboyong ke negeri beruang merah tersebut.

Event tersebut diawali dengan kegiatan Business Forum di Hotel Ritz Carlton, Moscow yang dihadiri oleh sekitar 700 pengusaha Indonesia dan Rusia. Festival yang juga diisi dengan Pameran tentang Indonesia ini menjadi ajang strategis mempromosikan Aceh dengan segala potensi unggulannya.

Beberapa IKM Aceh yang diboyong ke sana antara lain: Bawadi Foods (IKM Kopi), KBQ Baburrayyan (Koperasi dan Produsen Kopi), Yuyun Bordir (Handicraft Aceh) dan CV. Gadeng Wisata (Paket Wisata Tematis). Mereka mempromosikan Aceh dengan ragam komoditi unggulan, seperti kopi Aceh, handicraft Aceh dan paket wisata unggulan Aceh.

Aceh membuka dua stand pada pameran di Moscow tersebut. Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, menjelaskan pada kedua stand Aceh dengan ragam bahan promosi memeriahkan Festival Indonesia, selalu dipadati pengunjung. Untuk memikat pengunjung di stand Aceh disediakan kopi gratis yang diracik khusus oleh seorang barista.

“Alhamdulilah kedua stand Aceh yang didekorasi dengan poster photo-photo pesona wisata Aceh yang disponsori oleh Bank Aceh Syariah selalu ramai oleh pengunjung,” jelasnya.

Teuku Dhahrul Bawadi pelaku IKM yang ikut pada event tersebut mengatakan keikutsertaan dirinya dalam event tersebut telah berhasil mendapatkan 4 buyer kopi potensial dari Rusia, yaitu 2 perusahaan kopi roasting, 1 importir kopi dan 1 retail.

“Khusus retail untuk kopi kemasan 100 gram Arabica dan 100 gram Robusta, mereka akan berkunjung ke Aceh dan perkebunan kopi pada Oktober 2019. Moga ini menjadi kontribusi terbaik dari IKM Aceh kepada Aceh, ” harapnya.[**]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here