BLANGKEJEREN – Lima bendera alam peudeung berkibar di lima lokasi di Kabupaten Gayo Lues. Tidak diketahui siapa yang mengibarkan bendera berwarna merah dengan gambar bulan bintang dan pedang berwarna putih tersebut di hari HUT Republik Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2017.

Bendera warisan Kerajaan Aceh Darussalam itu dikibarkan Kampung Jawa tepatnya di lokasi pemasangan spanduk samping Lapangan Pancasila, di desa Anak Reje tepatnya di tugu simpang perkantoran Pemda Gayo Lues, di desa Kutelintang tepatnya di tiang pemasangan Spanduk dekat SPBU Pengkala, di desa Gele Kecamatan Blangkejeren, dan satu lembar bendera ditemukan di desa Leme Kecamatan Blangkejeren yang digantung di atas jembatan jalan lintas provinsi.

Keberadaan bendera tersebut pertama ditemukan oleh anggota Provos Kodim 0113/GL pukul 7:00 WIB, Kamis, 17 Agustus 2017 saat patroli pengecekan persiapan tempat Upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Pancasila, dengan adanya temuan tersebut, pihak Kodim melakukan patroli kebeberapa daerah lainya hingga ditemukan ada lima bendera.

Setelah bendera tersebut diturunkan oleh pihak TNI dan Polri, bendera berlogo itu kemudian diserahkan ke Polres Gayo Lues untuk diamankan dan ditindak lanjuti prosesnya.

Sementara Dandim 0113/Gayo Lues, Letkol Inf M Faisal Nasution mengatakan sedang mempelajari apa motif pengibaran bendera alam peudeung itu.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here