BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, meminta Gubernur Aceh Irwandi Yusuf selaku Ketua Dewan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk segera menyiapkan berbagai struktur dan perangkat KEK dan segera mengoperasikannya.

Permintaan itu disampaikan H Firmandez dalam pertemuan Tim Pemantau Otsus Aceh, Papua dan Keistimewaan Yogjakarta dengan Pemerintah Aceh, Senin, 23 Oktober 2013 di Kantor Gubernur Aceh. “KEK Arun Lhokseumawe harus benar-benar dilaksanakan, itu pintu keluar dan masuk berbagai komoditi di Aceh,” kata H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, dari 11 KEK yang diprogramkan pemerintah dari barat hingga timur Indonesia, KEK Arun merupakan yang paling siap untuk dioperasikan.

“Dari semua KEK, hanya Aceh yang benar-benar siap untuk operasi, KEK lain ada yang tanahnya aja belum dibebaskan, infrastrukturnya belum ada. Jadi saya harap KEK Arun Lhokseumawe ini bisa segera diluncurkan,” lanjut H Firmandez.

Menanggapi hal itu Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menjelaskan, KEK Arun Lhokseumawe sedang dibentuk strukturnya, bulan Desember 2017 diharapkan bisa segera diluncurkan oleh Presiden.

“Semoga menjadi KEK yang paling cepat pelaksanaannya, tapi kami berharap aset PT Arun dapat dipinjamkan ke KEK untuk mendukung operasionalnya,” harap Irwandi Yusuf.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here