TAPAKTUAN – Inspektorat Kabupaten Aceh Selatan menurunkan tim auditor untuk mengaudit dugaan penyelewengan dana desa di Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur. Dugaan penelewengan dana desa mencuat setelah beberapa tokoh masyarakat setempat membuat lapora ke pemerintah.

Kepala Inspektorat Aceh Selatan, Rasyidin, Rabu, 16 Agustus 2017 di Tapaktuan membenarkan bahwa pihaknya telah menurunkan tim auditor khusus untuk mengaudit laporan pertanggungjawaban dana desa tahun 2016 di Gampong Jambo Dalem.

“Laporan saya terima, saat ini sudah ada hasil pemeriksaannya. Sepertinya memang ada temuan kasus di lapangan, namun untuk jumlah rincinya belum diserahkan kepada saya,” jelas Rasyidin.

Lebih lanjut Rasyidin menjelaskan, sesuai aturan atau sistem kerja inspektorat, terkait temuan kasus yang diperoleh oleh auditor, maka pihak inspektorat harus memberikan peluang lagi kepada kepala desa (keuchik) bersangkutan untuk menjawab kembali poin-poin temuan kasus dimaksud sehingga duduk persoalannya menjadi jelas. “Saat ini kami masih menunggu jawaban dari Keuchik Jambo Dalem,” kata Rasyidin.

Sementara itu, Keuchik Jambo Dalem Marzuki yang dihubungi via telphone selelur dari Tapaktuan, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima surat dari pihak inspektorat Aceh Selatan.

“Tapi surat itu sudah kami jawab (balas). Setelah kami menggelar musyawarah desa beberapa waktu lalu. sehingga persoalan ini kami anggap sudah selesai dan tidak ada masalah lagi,” tegas Marzuki.

Menurutnya, tudingan yang disampaikan oleh segelintir oknum masyarakat tersebut sama sekali tidak mendasar. Sebab tudingan yang disampaikan secara sepihak tersebut, dinilainya sarat muatan politis.

“Persoalan ini sarat muatan politis, biasalah jika ada pihak tertentu di kampung yang tidak terakomodir kepentingannya lalu menghasut masyarakat,” pungkasnya

Persoalan tersebut mencuat setelah sebagian masyarakat Gampong Jambo Dalem, memprotes kinerja Keuchik Marzuki dalam mengelola dana desa tahun anggaran 2016 lalu. Alasannya, pengelolaan dana desa tidak transparan dan diduga sarat masalah.

Berdasarkan laporan tertulis yang dilayangkan masyarakat setempat kepada Muspika Trumon Timur beberapa waktu lalu yang diperoleh wartawan di Tapaktuan, Rabu, 16 Agustus 2017, jelas disebutkan bahwa Gampong Jambo Dalem mendapat kucuran anggaran dana desa tahun 2016 lalu sebesar Rp 969 juta. Dari jumlah itu dianggarkan untuk pekerjaan fisik sebesar Rp 450 juta dan non fisik sebesar Rp 519 juta.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here