MEUREUDU – Dinas Pendidikan dan Kankemenag Pidie Jaya bersama USAID Prioritas menggelar pelatihan pembelajaran aktif untuk fasilitator Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Kegiatan yang melibatkan 37 fasilitator tesebut berlangsung selama 3 hari dan berakhir Kamis, 14 Maret 2017. Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Saiful menjelaskan, peran KKG dan MGMP sangat penting untuk meneruskan praktik yang baik terutama pembelajaran aktif kepada para guru.

“Pelatihan seperti ini sangat perlu diteruskan kepada guru lainnya. Penanaman konsep yang benar dan secara kontekstual dalam proses pembelajaran akan melahirkan siswa siswa yang kreatif,” jelas Saiful.

Sementara itu Koordinator USAID Prioritas Pidie Jaya dan Pidie, Mashadi, menjelaskan metodogi pembelajaran aktif terbagi dalam empat modul, yakni pembelajaran kontekstual, pendekatan saintifik, keterampilan informasi dan pemahaman konten materi.

“Khusus Modul IV ini lebih memfokuskan pada penguatan konten materi dan cara mengajarnya dengan pendekatan pembelajaran aktif. Guru harus terus berlatih melalui forum KKG dan MGP untuk meningkatkan profesionalismenya,” kata Mashadi.[HK]

Previous articleDugaan Korupsi Rp224 M di Dinas Pengairan Aceh Dilaporkan ke Kejati
Next articleBank Aceh Bantu 2 Unit Bus untuk Unsyiah dan UIN
Redaksi Teropong Aceh. Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here