BANDA ACEH – Menyongsong revolusi industri digital 4.0, generasi muda Aceh harus memahami financial techologi (fintech). Dunia kerja masa depan sangat bergantung pada teknologi informasi dan digitalisasi.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VII DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez, Senin, 5 Agustus 2019. Menurutnya, perkembangan teknologi masa kini telah memberi kumadahan melalukan transaski secara digital, karena pemahaman tentang fintech dan revolusi industry 4.0 sangat penting diberikan kepada generasi muda Aceh, agar mereka tidak gagap teknologi.

“Model bisnis sekarang telah berubah dari konvensional ke moderat, yang awalnya untuk melakukan transaksi keuangan harus ke bank, sekarang cukup dengan aplikasi di telepon selular, dan bisa selesai dalam hitugan detik tanpa antrian,” ujar H Firmandez.

H Firmandez yang juga Wakil Ketua Umum Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) ini menambahkan, fintech muncul seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat, yang membuat transaksi jual beli dan system pembayaran menjadi lebih efesien dan ekonomis, namun tetap efektif.

Karena itu, H Firmandez mengajak generasi muda Aceh untuk mengenali ekonomi dan keuangan digital. “Generasi muda Aceh harus melek teknologi, agar tidak gamang dalam menyongsong revolusi industry 4.0 yang sedang berkembang yang merupakan integrasi antara dunia internet atau online dengan dunia usaha,” tambah H Firmandez.

Selain itu mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh ini, dunia kerja pada masa depan juga sangat dipengaruhi oleh fintech, karena itu sebelum memasuki dunia kerja, genarasi muda Aceh harus benar-benar siap dengan perubahan tersebut.

“Sekarang dunia industri sudah menggunakan infrastruktur internet of think, yang tidak siap dengan perubahan maka akan tertinggal. Sebaliknya, yang mampu mengikutinya maka kesempatan kerja akan lebih terbuka, karena implementasi industry 4.0 membutuhkan ketrampilan khusus sesuai perkambangan teknologi informasi,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here