BALI – Sekitar 300 peserta dari parlemen 45 negara di dunia akan bersidang di Nusa Dua, Bali pada Rabu dan Kamis, 6 – 7 September 2017. World Parliamentary Forum ini juga akan diikuti berbagai lembaga internasional.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, H Firmandez menjelaskan, pertemuan parlemen dunia ini akan membicarakan tentang peran parlemen dalam mengawal tercapainya pembangunan yang berkelanjutan.

Selain perwakilan parlemen manca negara, lembaga-lembaga dunia yang akan hadir dalam forum tersebut antara lain, United Nation Environment Programme (UNEP) lembaga yang berperan membantu negara-negara berkembang melaksanakan kebijakan mengenai alam dan menggalakkan sustainable development di dunia.

Selain itu juga akan diikuti oleh lembaga dunia lainnya seperti Women In Parliament, Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC), United Nations Suistainable Development Solutions Network (UN-SDSN), International NGO Forum on Indonesian Development (Infid), serta berbagai lembaga internasional lainnya.

“Ini suatu kebanggaan bagi Indonesia, BKSAP DPR RI selain bertindak sebagai tuan rumah, Wakil Ketua DPR RI Pak Fadli Zon merupakan Presiden GOPAC yang juga akan menjadi salah seorang pembicara dalam forum ini,” ungkap H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, hal-hal yang akan menjadi pembahasan dalam pertemuan parlemen dunia tersebut menyangkut tentang isu Millenium Development Goal (MDG), Suistanable Development Goal (SDG) yang diperluas ke isu-isu perubahan iklim, ketersediaan energi, keamanan dan perdamaian, serta berbagai isu strategis lainnya.

“World Parliamentary Forum ini juga merupakan juga bagian dari diplomasi membina dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama DPR RI dengan parlemen berbagai negara, baik secara bilateral maupun multilateral,” jelas anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 tersebut.[HK]

Previous articleLarangan Ekspor CPO Harus Benar-Benar Untungkan Aceh
Next articleDandim Ajak Turis Nonton Saman di Aston International Hotel
Redaksi Teropong Aceh. Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here