BLANGKEJEREN – Bupati Gayo Lues Muhammad Amru ikut serta dalam rombongan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, SKPA, anggota dewan, dan Wali Nanggroe ke United State Forest Servise (USFS) di Oregon, Amerika Serikat, 20 sampai 27 Juli 2019.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan hutan agar dapat memperkuat perhutanan sosial/hutan adat. Termasuk, mengetahui secara langsung, bagaimana Amerika melakukan penanggulangan kebakaran hutan.

Rombongan berangkat dari Jakarta, Sabtu, 20 Juli 2019. Dalam rombongan kelompok terbang 1, ada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kadishut Aceh Syahrial, PKH V Gayo Lues Zalham Arbi, Direktur BKSDA Kementrian KLH Diah Murtiningsih, Nurhidiyawati R dari bappenas serta Staf USAID M Amin Budihardjo. Kelompok terbang 2, ada dari KLHK yaitu Helmi Basalamah dan Iwan Setiawan, Maidiwar dan Hary Tiyaswiyoga (NGO) serta Stephanie (USAID).

Setelah 7,5 jam penerbangan dengan Japan Airline (JAL) rombongan tiba di Narita Airport Jepang. Dua jam kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Los Angeles dengan pesawat Amerika Airline, selama 9 jam. Lalu, dilanjutkan lagi dengan pesawat American Aegle selama 2,5 jam, menuju Portland, negara bagian Oregon.

Pada Minggu, 21 Juli 2019 rombongan hanya tour city, dipandu staf United State Forest Servise (USFS), melihat tata kelola hutan kota. Kemudian pada Senin, 22 Juli 2019 selama satu hari penuh, rombongan delegasi diperkenalkan dengan para pemangku kepentingan hutan di bawah kementerian pertanian yang disebut USDA (United State Departement of Agricalture) region 6 yang membawahi 2 negara bagian.

Kepada tim, dijelaskan struktur dan pola pengelolaan hutan di negeri Paman Sam tersebut. Silih berganti, mereka memberikan materi serta memimpin diskusi. Sesekali, mengambil perbandingan tentang tata cara kelola hutan di Indonesia, khususnya di Aceh. Penjelasan dan diskusi tersebut, dipimpin Debra Withall dan Elisabeth Grinspoon.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here