TAPAKTUAN – Sejak pekan kedua bulan Mei 2016, Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) mulai menyalurkan dana desa terhadap 96 dari 260 gampong di 18 kecamatan.

Pencairan tersebut menindaklanjuti instruksi Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH yakni terhadap desa yang telah melengkapi persyaratan adiministrasi maka harus segera di cairkan dana desa tahap satu tahun 2016. “Pencairan dilakukan untuk mempercepat realisasi pelaksanaan pembangunan,” jelas Kadis DPKKD Aceh Selatan, Diva Samudera Putra, Jumat, 27 Mei 2016.

Dia menjelaskan, dari 96 desa tersebut, anggaran terhadap sebanyak 62 desa sudah selesai ditransfer secara langsung ke rekening masing-masing desa bersangkutan. Sedangkan sebanyak 27 desa lagi anggarannya sedang dalam proses transfer ditambah 7 desa lagi yang masih dalam tahap verifikasi berkas dan setelah itu anggarannya langsung diproses transfer.

“Dari 260 desa yang ada di Aceh Selatan, masih ada 164 desa lagi yang harus dipercepat pengusulan pencairan tahap pertama tahun 2016 sebanyak 60 persen, baik dari desa maupun dari pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM). Ini harus dipacu untuk menghindari keterlambatan pencairan yang akhirnya terancam kena sanksi,” tegasnya.

Kepala BPM Aceh Selatan, Emmifizal mengungkapkan, dana desa Aceh Selatan tahun 2016 seluruhnya berjumlah Rp 223,5 miliar lebih. Pencairan tahap pertama sebanyak 60 persen berjumlah Rp 134 miliar lebih.[HM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here