,

Yuropalia Seleksi Penari Saman untuk Festival di Eropa

BLANGKEJEREN – Kurator Yurapalia mendatangi Gayo Lues untuk menyeleksi penari saman yang akan di bawa untuk tampil di festifal Berlin, Eropa yang akan berlangsung pada Oktober 2017 hingga Januari 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin menjelaskan, sebelum tim Kurator Yurapalia menentukan siapa yang akan dibawa ke Belgia, aka nada tim penilai lanjutan dari Jakarta.

“Kita masih belum bisa memastikan apakah penari saman Gayo Lues akan ikut festival itu atau tidak, yang jelas kita sudah menampilkan tari saman mulai dari anak SD, seperti SD Negeri 1 Blangkejeren, tari saman remaja SMA Negeri 1 Rikit Gaib, tari saman Sanggar Rajawali Pepalan, dan Tari Saman Pemda Gayo Lues,” katanya.

Selain menunjukan Tari Saman kepada rombogan penilai, Dinas Pariwisata Gayo Lues juga akan menunjukan pesona alam Gunung Lesuser kepada tim penilai yang datang dari Jakarta, serta menunjukan keaslian tari saman yang benar-benar berasal dari Gayo Lues.

Sementara Ubiet Raseki dari Institut Kesenian Jakarta salah satu tim penilai mengatakan, tim Kurator Yuropalia akan mengelilinggi seluruh bagian Indonesia untuk menentukan tarian yang akan dipilih dan dibawa mengikuti festival Berlin. Usai dari Gayo Lues pihaknya akan langsung terbang ke Papua.

“Saat ini masih dalam tahapan proses survey, nanti setelah semua kami lihat, barulah didiskusikan tarian mana yang akan dibawa ke Eropa, mudah-mudahan saja tari Saman Gayo Lues salah satunya yang akan ikut,” katanya.

Hingga saat ini, timnya yang berjumlah enam orang belum bisa memastikan berapa jumlah kesenian yang akan dibawa ke Eropa dan tarian-tarian apa saja, namun tari Saman Gayo Lues sangat berpeluang masuk setelah pihaknya menyaksikan secara langsung di Bale Musara Blangkejeren.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *