,

Warga Temukan Bayi Berlumuran Darah di Depan Ruko

TAPAKTUAN – Warga Gampong Kemumu Hilir, Labuhanhaji Timur, Aceh Selatan menemukan seorang bayi berjenis kelamin perempuan dalam kondisi berlumuran darah di depan sebuah rumah toko (Ruko) berjarak sekitar 2 meter dari badan jalan lintasan Nasional Tapaktuan – Banda Aceh, Senin, 1 Januari 2018 sekitar pukul 05.30 WIB.

Bayi malang yang baru berumur satu hari tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya. Salah seorang anggota Polsek Labuhanhaji Timur Bripka Iskandar yang dihubungi dari Tapaktuan, Selasa, 2 Januari 2018 membenarkan adanya penemuan bayi perempuan tersebut.

“Bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh pak Anis, salah seorang warga Gampong Kemumu Hilir. Saat itu pak Anis sedang pergi berjalan kaki melaksanakan shalat subuh,” kata Bripka Iskandar.

Dalam perjalanan pergi shalat subuh ke masjid, lanjut Iskandar, tiba-tiba pak Anis mendengarkan suara tangisan bayi yang terletak di teras Ruko warga Kemumu Hilir. “Kebetulan Ruko tersebut dalam kondisi kosong sudah tiga hari ditinggal pemiliknya. Mengetahui hal itu warga langsung melaporkan kepada kami,” kata Bripka Iskandar.

Karena kondisi bayi tersebut berlumuran darah, selanjutnya pihak Polsek bersama warga membawa bayi tersebut ke Puskesmas. Lumuran darah di sekujur tubuh bayi tersebut disebabkan karena tali pusat yang telah dipotong secara paksa tidak diikat kembali.

Sementara itu, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Labuhanhaji Timur, Juanda menjelaskan, setelah dibersihkan dan dirawat di Puskesmas bayi perempuan tersebut sudah sehat. “Tadi ada masuk laporan kepada saya, Alhamdulillah sudah ada sekitar 24 orang yang siap mengadopsi dan merawat bayi tersebut,” ucap Juanda.

Namun, sambung Juanda, pihaknya sudah melakukan rapat dengan muspika setempat untuk menentukan siapa yang berhak merawat bayi tersebut.

“Setelah kita melakukan rapat, bayi tersebut kita rawat satu hari lagi. Ketika kondisinya sudah benar-benar sehat, besok akan kita serahkan kepada siapa yang berhak merawat bayi tersebut,” jelasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *