,

Warga Penomon Bangun Irigasi Secara Swadaya

BLANGKEJEREN – Masyarakat Penomon Jaya, Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues bergotong royong membuat saluran air ke areal persawahan yang telah lama tidak berfungsi. Pasalnya, pemerintah setempat belum membangun irigasi ke sana.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval, Kamis, 26 Mei 2016 mengatakan, yang menjadi permasalahan selama ini adalah hamparan sawah yang tidak terlalu luas, tapi membutuhkan anggaran yang besar untuk membuat saluran irigasi ke sana.

“Kita memang prihatin melihat warga secara swadaya membuat saluran, namun di Dinas Pertanian Gayo Lues, membuat saluran itu ada batasannya, hanya di bawah anggaran Rp 500 juta, sedangkan saluran yang dibuat warga ini lebih dari itu anggarannya,” kata Noval.

Saluran yang dibangun warga desa Penomon Jaya kata Noval hanya bisa diusulkan kepada Dinas Pengairan Kabupaten Gayo Lues, sehingga ke depan bisa dibangun irigasi yang permanen.

“Kami dari Dinas Pertanian akan membantu juga menyampaikan permasalahan ini kepada Dinas Pengairan, mudah-mudahan dalam perubahan anggaran nantinya bisa masuk, dan selanjutnya bisa dimulai pembangunannya,” jelasnya. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *