,

Warga Nias Masuk Islam di Trumon Timur

TRUMON – Torling, 18 tahun, warga Nias, Sumatera Utara, yang sebelumnya beragama Kristen pindah keyakinan dengan memeluk agama Islam. Prosesi pensyahadatan pemuda lajang yang bekerja pemburu babi hutan itu berlangsung di Masjid Baitul Karim, Desa Seunebok Punto, Kecamatan Trumon Timur, Kamis 12 Januari 2017.
 
Prosesi pensyahadatan Torling dipimpin langsung Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Trumon Timur, Julizar S.Ag dengan disaksikan langsung Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra S.H berserta ibu Ny Harnailis Sama Indra S.P, Kepala Dinas Syariat Islam M Rasyid S.Ag, serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) lainnya, pejabat Muspika dan para Kepala Desa Trumon Timur, Imum Chik dan beberapa alim ulama lainnya dalam Desa Seuneubok Punto.
 
Setelah mengucapkan dua kalimah syahadat yang menandakan bahwa yang bersangkutan telah resmi memeluk agama Islam selanjutnya para alim ulama desa setempat merubah nama Torling menjadi Muhammad Afifuddin. Selama berada di Desa Seuneubok Punto, Muhammad Afifuddin tinggal bersama pamannya yang juga kepala desa setempat.
 
Muhammad Afifuddin yang ditanyai seusai prosesi pensyahadatan mengatakan bahwa keputusan dirinya pindah keyakinan merupakan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun.
 
“Keputusan ini murni atas dasar panggilan jiwa dari lubuk hati saya yang paling dalam tanpa terpengaruh atau paksaan dari siapapun. Selama bekerja dan tinggal di kampung ini, saya merasa tertarik memeluk agama Islam,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu,  Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra meminta kepada perangkat desa khususnya para alim ulama di desa setempat agar membimbing dan mengajari ilmu agama Islam kepada Muhammad Afifudidn yang baru saja menjadi mualaf.
 
“Saya minta agar saudara Muhammad Afifuddin yang sudah seiman dengan kita ini diberi bimbingan dan ajaran ilmu agama Islam sehingga yang bersangkutan mengetahui secara benar tentang Islam termasuk tata cara dalam beribadat kepada Allah SWT. Karena itu saya minta kepada para alim ulama dan ustadz serta masyarakat luas lainnya bimbing lah Muhammad Afifuddin ini dengan baik,” pinta Sama Indra.

Sementara itu, Camat Trumon Timur T Masrizar memberi apresiasi yang tinggi kepada Muhammad Afifuddin yang dengan kesadaran sendiri telah mengucapkan syahadat memeluk agama islam.
 
“Islam sebagai agama yang terbuka kepada semua pihak sangat menyambut baik siapa saja umat manusia yang ingin memeluknya. Hal ini merupakan bagian dari syiar tentang agama Islam sebagai agama yang damai dan penuh toleransi,” jelasnya.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *