, ,

Warga Lokop Aceh Timur Minta Kembali ke Gayo Lues

LOKOP – Masyarakat Kecamatan Lokop Serbajadi, Aceh Timur, meminta untuk kembali bergabung ke Kabupaten Gayo Lues. Alasannya, warga Lokop merupakan keturunan asli Gayo, selain itu mereka juga merasa kurang mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Aceh Timur.

Hal itu disampaikan Syarif Aman Mas, salah seorang warga Lokop Serbajadi. Ia menjelaskan, mereka secara administrasi pemerintahan memang masuk dalam Kabupaten Aceh Timur, tapi secara kesukuan mereka merupakan keturunan Gayo.

“Antara saudara kami di Gayo Lues dengan kami di Lokop ini seperti ibu dan anak yang terpisah oleh jarak, kami sangat ingin masuk dalam wilayah administrasi Gayo Lues. Di sini kami kurang diperhatikan, sudah berpuluh tahun tinggal di sini hanya mendapat bantuan BLSM, bantuan lainnya seperti pupuk untuk pertanian tidak ada,” jelasnya.

Selain itu kata Syarif, Lokop Serbajadi merupakan daerah yang masih terisolir, sarana transportasi sangat minim, jaringan telepon seluler juga tidak ada. “Untuk menuju pusat pemerintahan Aceh Timur di Idi saja butuh waktu berjam-jam. Ongkos transportasinya mencapai Rp 80 ribu,” lanjut Syarif.

Syarif melanjutkan, jika diizinkan Lokop Serbajadi masuk dalam wilayah Gayo Lues, warga di sana sangat senang. Selain dari sisi kesukuan mereka sama, jarak tempuh ke Blangkejeren ibu kota Gayo Lues dengan ke Idi ibu kota Aceh Timur hampir sama. “Kalau bisa perjuangkanlah kami kembali ke Gayo Lues,” harapnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *