,

Walikota se-Indonesia Minta Penegak Hukum Tidak Tebang Pilih

MALANG – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) meminta pemerintah untuk memberi perlindungan hukum kepada pejabat penyelenggara pemerintah di daerah, serta memfasilitasi daerah untuk memaksimalkan fungsi aparat pengawasan intern pemerintahan.

Dua hal tersebut merupakan rekomendasi dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XII di Kota Malang. Rekomendasi itu dibacakan oleh Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany, Kamis 20 Juli 2017 di hadapan Presiden Joko Widodo.

“Semua Walikota sepakat meminta penegakan hukum harus memberikan akses seluasnya untuk perlindungan hukum kepada pejabat penyelenggara pemerintahan di daerah berdasarkan asas keadilan dan tidak didasarkan pada motivasi untuk tebang pilih perkara,” ujar Airin.

Para wali kota juga menginginkan adanya akselerasi konsep pembangunan insfrastruktur melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Rakernas Apeksi XII membahas topik-topik strategis dan aktual lainnya dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah, yaitu total manajemen ekonomi dan kerjasama pemerintah daerah dengan badan usaha dan swasta.[HK/rils]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *