,

Waiting List Haji Aceh Selatan Lebih Seperempat Abad

TAPAKTUAN – Masyarakat Aceh Selatan harus menunggu lama untuk bisa naik haji. Meski sudah mendaftar, mereka harus menungu hingga 26 tahun. Hingga musim haji ini, sudah 2.600 orang yang masuk dalam masa tunggu haji. Sementara kuota haji untuk Aceh Selatan hanya sekitar 100 orang per tahun.

“Ini artinya jika ada masyarakat yang mendaftar sekarang maka harus menunggu lebih kurang selama 26 tahun ke depan baru bisa melaksanakan ibadah haji,” jelas Bupati HT Sama Indra, Kamis, 11 Agustus 2016 saat melepas jamaah calon haji (JCH) Aceh Selatan di Masjid Agung Istiqamah, Tapaktuan.

Karena itu Sama Indra berharap kepada JCH yang berangkat tahun ini, bisa menggunakan kesempatan tersebut semaksimal mungkin dalam menjalankan setiap rukun haji, sehingga menjadi haji yang mabrul.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Selatan, Musannif mengatakan sebagai bentuk dukungan dan partisipasi terhadap seluruh calon jemaah haji, Pemkab Aceh Selatan memberikan bantuan uang saku sebesar Rp 43 juta terhadap 86 calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter IV dengan rincian masing-masing JCH Rp 500 ribu.

Selain uang saku, kata Musannif, Pemkab Aceh Selatan juga memberikan bantuan dengan menggratiskan sewa kamar Hotel selama berada di Banda Aceh sebelum masuk asrama haji.

“Bantuan yang diberikan tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, karena khusus tahun ini ditambah gratis sewa hotel yang tidak diterima oleh calon jamaah haji Aceh Selatan sebelumnya,” kata Musannif.

Secara terpisah, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Aceh Selatan, Zainizar menyebutkan, dari 124 JCH Aceh Selatan yang akan menunaikan ibadah haji yang tertua berusia 88 tahun.

“Yang paling tua bernama Siti Raksam, berumur 88 tahun, penduduk Desa Limau Purut, Kecamatan Kluet Utara. Sedangkan yang termuda, Sukmawati, berusia 37 tahun, warga Desa Pasar, Tapaktuan,” jelasnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *