,

Unsyiah Kembali Kukuhkan Tiga Guru Besar

BANDA ACEH – Senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengukuhkan tiga guru besar, dalam sidang terbuka dewan senat Unsyiah, Jumat, 4 Maret 2016 di geduang Acamy Activity Centre (AAC) Dayan Dawwod, Darussalam, Banda Aceh.

Ketiga guru besar yang dikukuhkan tersebut adalah, Prof DR Ilyas Ismail SH, M.Hum dari Fakultas Hukum, Prof DR Ir Samadi M.Sc dari Fakultas Ekonomi dan Prof DR Usman Kasim M.Ed dari Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Saat pengukuhan, Prof Ilyas Ismail tampil dengan orasi ilmiah hak garap sebagai alternative hak atas tanah dalam upaya pemerataan pengusaha tanah pertanian. Kemudian Prof Samadi menyampaikan orasi ilmiah tentang kontribusi ketahanan dan keamanan pakan terhadap program swasembada daging nasional menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sementara Prof Usman Kasim membawa orasi ilmiah dengan judul the implementation of TOEFL score as arequipment for scipe examination of Syiah Kuala University.

Rektor Unsyiah, Prof DR Syamsul Rizal M.Eng pada pengukuhan tersebut menjelaskan, Aceh saat ini mengalami krisis guru besar. Tahun 2015 Unsyiah menjadi kampus dengan akreditasi A dan memiliki 1.089 tenaga pengajar, 539 diantaranya fungsional rektor, 325 program doctor. “Jadi Unsyiah masih krisis profesor. Untuk mempertahankan akreditasi A, dalam tiga tahun ke depan kita targetkan Unsyiah memiliki 200 orang profesor,” ujarnya.

Prof Samadi yang baru dikukuhkan sebagai guru besar menempuh pendidikan sarjana di Universitas Syiah Kuala, program magister di Melbourn Univercity, Australia dan program doktor di Goettingen Univercity, Germany dengan spesifikasi bidang ekonomi.

Semantara Prof Ilyas Ismail menempuh pendidikan sarjana di Universitas Syiah Kuala, program Doktor di Universitas Gadjah Mada dan program Doktor di Universitas Padjajaran. Kemudian Prof Usman Kasim menyelesaikan pendidikan sarjananya di Singapore program magister di Leeds Univercity Inggris dan mengikuti program Doktor di Universitas Malang.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *