,

Unsyiah Akan Bentuk Pusat Studi Layanan Pendidikan

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) akan membentuk pusat studi layanan pendidikan. Hal itu sebagai komitmen melanjutkan program pengembangan mutu pendidikan di Aceh. Selama lima tahun terakhir pengembangan mutu pendidikan dilakukan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) bekerjasama dengan USAID Prioritas.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Unsyiah, Dr Nazamudidn SE, MA dalam sambutannya pada rapat Koodinasi Universitas Konsorsia, Fasilitator dan sekolah mitra LPTK di Hermes Hotel, Banda Aceh, Rabu, 1 Februari 2017. “Di Unsyiah kita akan bentuk pusat layanan pendidikan,” tegas Nazamuddin.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor III UIN Ar Raniry, Prof Dr H. Syamsul Rijal, M.Ag, menegaskan, pentingnya transformasi dalam pendidikan karena dunia dan pendidikan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.

“Berakhirnya program USAID Prioritas di LPTK bukan berarti LPTK dan sekolah mengakhiri semua praktik baik yang telah dikembangkan selama ini, bahkan ini berarti kita memulai sesuatu yang baru untuk melanjutkan program ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, pusat kajian tersebut dapat menjadi bengkel atau workshop untuk terus meningkatkan kompetensi pendidik yang ada di Aceh, “Guru tidak boleh berhenti untuk belajar, harus terus meningkatkan kompetensi dan lembaga ini menjadi referensinya,” katanya.

Sementara itu, Lynne Hill, Teaching and Learning Advisor USAID Prioritas mengatakan, kerjasama dengan LPTK berjalan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dan dokumentasi praktik baik yang dikumpulkan dari para dosen dan mahasiswa LPTK.

“Dari hasil evaluasi dan praktik baik yang dikembangkan di LPTK dan sekolah membuktikan kemajuan dalam program ini dan kami sangat berharap program ini dapat terus dilanjutkan di LPTK dan sekolah,” harap Lynne Hill. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *