,

UAS Minta Bupati Aceh Selatan Kirim Santri Berprestasi ke Mesir

TAPAKTUAN – Penceramah kondang, Ustad Abdul Somad (UAS) meminta kepada para pejabat dan Bupati Aceh Selatan, H Azwir memanfaatkan jabatan dan kekuasaan memajukan agama. Salah satu caranya adalah mengirimkan minimal 10 orang santri berprestasi setiap tahun untuk menuntut ilmu agama ke Khairo, Mesir.

“Saya serukan kepada para pejabat di Aceh Selatan apakah memangku jabatan sebagai bupati, anggota dewan, TNI/Polri, manfaatkanlah jabatan yang sedang saudara emban itu untuk menolong agama ALLAH SWT,” himbay UAS saat menyampaikan tausiah di Bundaran Masjid Istiqamah, Tapaktuan, Senin malam, 26 November 2018.

Menurut UAS, jika Bupati Aceh Selatan mengambil kebijakan khusus mengirimkan minimal 10 orang santri berprestasi untuk kuliah di Mesir dengan cara dialokasikan dana beasiswa. Santri-santri yang direkrut dari dayah atau pesantren tersebut, kata UAS, adalah para santri yang cakap berbahasa Arab, mantap nahu saraf dan hafal Al-quran.

“Setelah anak-anak ini menuntut ilmu di Mesir lalu mereka akan pulang lagi ke Aceh Selatan. Merekalah yang nantinya melanjutkan risalah Islam di daerah ini. Aceh Selatan ini adalah negerinya para ulama, para abu dan tengku-tengku sedikitnya ada sebanyak 80 dayah berada di daerah ini. Mereka inilah yang nantinya menegakkan agama Allah dan berdoa setiap hari sehingga jauh negeri ini dari bala dan musibah,” ungkap UAS disambut tepuk tangan bergemuruh dari puluhan ribu massa yang hadir.

Namun, sambung UAS, untuk menyukseskan program tersebut tak terlepas dari dukungan lembaga legislatif karena para anggota dewanlah yang memiliki kewenangan yang besar menetapkan alokasi anggaran daerah yang dituangkan dalam Qanun. Bupati tidak bisa secara sembarangan memakai dana APBD tanpa persetujuan DPRD dengan cara membuat payung hukumnya.

“Jika sudah dibuat payung hukumnya, tentu bisa digunakan dana APBD untuk membantu dayah-dayah dan pesantren, guru mengaji dan bahkan mengirim para santri berprestasi ke Mesir. Makanya, saya himbau kepada ribuan jamaah yang hadir malam ini, dalam momentum Pemilu 2019, pilihlah sosok pemimpin yang peduli kepada agama Islam dan mencintai rakyatnya. Jangan sampai kerumunan massa malam ini tak berguna apa-apa, tapi hendaknya bisa menjadi kekuatan ummat untuk itu pilihlah sosok pemimpin yang sesuai menurut agama Allah SWT,” pinta UAS.

Selain mengajak para pemangku jabatan di Aceh Selatan mengokohkan agama Allah SWT, UAS juga menyerukan kepada ribuan jamaah yang hadir untuk menggalakkan memakmurkan atau meramaikan masjid, menjaga harkat dan martabat perempuan dan harus rajin bersedekah atau bayar zakat.

Acara tabliq akbar menghadirkan penceramah kondang, Ustad Abdul Somad (UAS) digelar Pemkab Aceh Selatan dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2018. Tabliq Akbar yang digelar di Bundaran Masjid Istiqamah Tapaktuan tersebut dihadiri puluhan ribu jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Aceh Selatan.

Turut hadir langsung menyaksikan Tabliq Akbar ini Bupati dan Wabup Aceh Selatan, H. Azwir S.Sos beserta istri – Tgk. Amran beserta istri, Ketua DPRK T. Zulhelmi dan para pejabat Forkopimda serta tamu undangan lainnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *