,

Turki Tertarik Bangun Hotel Pariwisata di Sabang

SABANG – Pemerintah Turki menyatakan ketertarikannya untuk membangun hotel penunjang pariwisata di Kota Sabang. Selain itu, Turki juga tertarik untuk mengimpor kopi Gayo dan handicraft Aceh.

Hal itu diungkapkan Waki Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh Bidang Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Hj Kartini Nyak Itam, Rabu, 21 Juni 2017 di Banda Aceh. Pertemuan awal telah dilakukan KADIN Aceh dengan Duta Besar Turki untuk Indonesia, Kadri Sander Gürbüz, Selasa, 20 Juni 2017 di Kantor KADIN Aceh di Balee Saudagar Aceh.

Hj Kartini mengungkapkan, pertemuan lanjutan untuk membahas kerja sama akan dilakukan KADIN Aceh dengan Pemerintah Turki dalam waktu dekat di Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Turki di Jakarta.

“Mereka sangat tertarik dengan kopi Gayo, karena sebagian besar masyarakat Turki itu merupakan penikmat kopi. Bagaimana mekanisme kerja sama impor kopi itu nantinya akan dibicarakan dalam pertemuan lanjutan di kantor kedutaan Turki di Jakarta,” jelas Hj Kartini.

Selain itu kata Hj Kartini, Turki sebagaimana disampaikan oleh dubesnya dalam pertemuan di Kantor KADIN Aceh, juga tertarik untuk membangun hotel pariwisata di Sabang, serta mengimpor handicraft asal Aceh.

“Tentu handicraft yang diminta merupakan yang di atas standar, yang memenuhi untuk dijual di sana. Ini akan dibicarakan nantinya bersama Perkumpulan Perempuan Wira Usaha (Perwira) KADIN Aceh. Intinya ini peluang yang baik untuk Aceh,” tegas Hj Kartini.

Hj Kartini melanjutkan, dalam pertemuan dengan Dubes Turki itu, pihak KADIN Aceh juga menawarkan kerja sama bidang energi panas bumi. Sebagaimana diketahui Turki merupakan negara yang telah mampu membangun kapal pembangkit listrik terbesar di dunia.

“Berbagai peluang akan terus kita jajaki, karena investasi dari Turki nantinya akan sangat membantu pembangunan di Aceh. Turki juga akan membangun sekolah di Aceh dan mendatangkan langsung tenaga pengajar dari sana,” ujarnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *