,

Turis Mancanegara Uji Adrenalin di Putri Betung

BLANGKEJEREN – Sejak digelarnya lomba arung jeram tingkat Provinsi Aceh beberapa waktu lalu di Sungai Gumpang, Putri Betung, Gayo Lues, kini turis manca negara melakukan olah raga ekstrem di derasnya arus sungai tersebut.

Camat Putri Betung, Said Idris Wintareza, Kamis, 24 Maret 2016 mengungkapkan, para turis asing itu ada yang dibawa oleh guider dari Aceh Tenggara. Para turis tersebut selain berarung jeram, juga menikmati pesona puncak gunung Kemiri. Kabut tebal yang menyelimuti kawasan pegunungan Leuser itu menjadi daya tarik bagi pecinta alam.

“Di Putri Betung ada beberapa lokasi objek wisata yang menjadi daya tarik bagi turis, ada arung jeram, pesona puncak Gunung Kemiri, wisata air panas dan melihat kawah di daerah Meloak Satu yang sedang dibangun pembangkit listrik oleh perusahaan dari Turki,” ungkapnya.

Akibat banyaknya turis yang masuk ke daerah Putri Betung, sebagian masyarakat yang selama ini berkebun coklat dan kemiri mulai beralih menjadi guider, penghasilan menjadi guider dianggap lebih banyak ketimbang berkebun.

“Saya sudah melarang warga agar jangan meninggalkan kebun coklat maupun kebun kemiri, sebab, turis inikan tidak setiap hari ada, kalau memang ada okelah bisa menghidupi keluarganya, namun jika tidak ada turis, mau makan apa nanti warga,” ujarnya mengingatkan.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *