,

Tuanku Warul: Zumadila Narukaya Tidak Ada Dalam Nasab Kesultanan Aceh

BANDA ACEH – Pihak keluarga Kesultanan Aceh menyatakan nama Tuanku Zumadila Narukaya tidak ada dalam nasab keluarga Kesultanan Aceh Dinasti Alaiddin. Hal itu diungkapkan salah satu anggota keluarga Kesultanan Aceh, Tuanku Warul Waliddin Bin Tuanku Raja Yusuf Bin Tuanku Raja Ibrahim Bin Sultan ‘Alaiddin Muhammad Daudsyah, Rabu, 12 September 2018.

Tuanku Warul mengatakan perlu meluruskan hal tersebut terkait adanya kegiatan yang mengatasnamakan Majelis Istiadat Keradjaan Atjeh Darussalam pada, Selasa 11 September 2018.

Pada acara tersebut dinyatakan seorang pimpinan keradjaan yang disebut sultan atau Raja Aceh bernama Tuanku Muhammad ZN atau Zumadila Narukaya. Ia dan kelompoknya telah melakukan satu kegiatan peringatan 1 Muharram 1440 H mengatasnamakan Kegiatan Majelis Diradja Kesultanan Aceh.

“Ini wajib kami luruskan demi marwah sejarah Kerajaan Aceh dan mencegah kekeliruan sejarah Aceh, mengingat hingga hari ini para penerus dari pada silsilah Kesultanan Aceh Terakhir yaitu sultan Alaidin Muhammad Daudsyah masih ada dan di bawah Keluarga Besar Kaum Alaiddin Kesultanan Aceh Darussalam,” jelas Tuanku Warul.

Tuanku Warul yang juga Pang Ulee Komando Aneuk Muda Alam Peudeung (Komandan) Al Asyi ini menyayangkan adanya pihak-pihak yang mengatasnamakan Kesultanan Aceh tersebut.

“Kami sangat menyayangkan kegiatan ini berlangsung dan kami juga mendapatkan informasi bahwasanya kegiatan ini tidak mengantogi izin dari pihak kepolisian. Semoga dengan penjelasan kami ini bisa mencegah kesalahpahaman di tengah masyarakat Aceh yang damai. Kami berharap hal seperti ini tidak terulang lagi,” pungkas Tuanku Warul.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *