Tuanku Warul Minta Plt Gubernur Penuhi Tuntutan Mahasiswa

0
228

BANDA ACEH – Pang Ulee Komando Aneuek Muda Alam Peudeung (Komandan) Al Asyi, Tuanku Warul Waliddin meminta kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh untuk merealisasi semua tuntutan mahasiswa terkait ekspoitas hasil bumi Aceh.

Hal itu disampaikan anggota Tuanku Warul yang juga anggota keluarga besar Dinasti Alaidin pendiri Kerajaan Aceh, terkait adanya aksi unjuk rasa mahasiswa Aceh dua hari terakhir di halaman Kantor Gubernur Aceh, yang menolak pembukaan tambang oleh PT EMM di kawasan pegunungan Beutong Ateuh.

“Gubernur punya hak menolak eksploitasi hasil bumi Aceh oleh berbagai pihak, seperti diketahui dari beberapa catatan sejarah di sana (lokasi eksplorasi PT.EMM) juga terdapat banyak situs peninggalan masa kesultanan Aceh, termasuk makam para syuhada perang Aceh, yaitu para prajurit Cut Nyak Dien, yang harus dipelihara agar tidak tergerus oleh keserakahan para mafia-mafia asing,” tegasnya.

Tuanku Warul juga menegaskan, jangan katakan keputusan Gubernur tidak akan mempengaruhi kelanjutan eksplorasi oleh PT. EMM. Karena fungsi eksekutif secara hukum ada pada keputusan dan kebijakan seorang Gubernur terhadap wilayah kekuasaanya.

“Apapun pendapat dan alasan Plt. Gubernur tidak dapat ditolerir, Jangan gadaikan lagi hasil alam Aceh kepada bangsa asing, sudah cukup, kini kita sisakan untuk anak cucu kita apa yang hari ini masih tersisa di dalam bumoe Aceh,” pungkas Tuanku Warul Waliddin, yang juga Caleg DPRK Banda Aceh dari PBB Dapil 2 Kuta Alam.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here