,

TPA Gampong Jawa Tak Lagi Sanggup Tampung Sampah

BANDA ACEH – Sampah masih jadi persoalan serius di Kota Banda Aceh, diperkirakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja hanya mampu menampung sampah hingga 8 bulan ke depan. Artinya, pada April 2018 TPA tersebut sudah over kapasitas.

“Ini tidak bisa kita biarkan. Prediksi kita 8 bulan lagi TPA Gampong Jawa tidak akan mampu menampung sampah lagi. Sementara armada kita untuk mengangkut sampah ke TPA regional sangat terbatas,” jelas Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Aminullah Usman mengungkapkan hal itu Kamis sore, 3 Agustus 2017 di halaman Balai Kota Banda Aceh saat menerima piala adipura yang diarak keliling kota oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh Iskandar bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Keindahan dan Kebersihan (DLHKK) Kota Banda Aceh Drs T Samsuar serta pasukan orange dan sejumlah elemen masyarakat.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut Aminullah Usman menegaskan akan melakukan pola-pola baru dalam menangani persolan sampah di Banda Aceh. “KOta Banda Aceh setiap harinya menghasilkan 200 ton sampah. Sementara yang mampu diangkut ke TPA Regional di Blangbintang, Aceh Besar hanya 64 ton sedangkan sisanya mengendap di TPA Lampulo yang volume sampahnya semakin menggunung,” lanjutnya.

Aminullah juga merencanakan akan menambah armada untuk Dinas Kebersihan dan akan menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak. Ia juga mengaku telah melakukan komunikasi dengan sejumlah BUMN, serta telah mengajukan proposal ke Kementerian untuk menambah jumlah armada truk pengangkut sampah. “Kita ingin mereka (BUMN-red) berkontribusi untuk kebersihan kota dengan dana CSR,” tambah Aminullah.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *