,

TNI Cetak 300 Hektar Sawah Baru di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0113/Gayo Lues bersama Dinas Pertanian setempat, mencetak 300 hektar sawah baru di tiga kecamatan. Bagian dari program ketahanan pangan untuk meningkatkan hasil padi di negeri seribu bukit itu.

Kepala Dinas Pertanian, Noval SP bersama Dandim 0113 Gayo Lues, Letkol Inf Richard Harison, Selasa, 19 Januari 2016 menjelaskan, sawah baru itu dicetak di bekas lahan penebangan hutan dan areal perkebunan warga yang kurang produktif.

300 hektar sawah baru itu tersebar di Kecamatan Dabun Gelang 60 hektar, Perlak Tripe Jaya 120 hektar, Trangun 50 hektar, sisanya tersebar di beberapa desa dalam kecamatan yang berbeda.

Lahan sawah baru yang dicetak tersebut sebagian besar merupakan tanah milik masyarakat. “Nantinya sawah-sawah itu akan dibagikan kepada warga yang berprofesi sebagai petani padi. Pembagiannya akan dibuatkan Surat Keputusan (SK) Bupati agar tidak terjadi kekeliruan dikemudian hari,” jelas Noval.

Pihak Dinas Pertanian berdama Kodim Gayo Lues akan membawa alat berat untuk mengolah tanah di sawah cetak baru tersebut hingga siap untuk ditanami padi. “Setelah dibagi oleh Bupati nanti baru dilakukan penanaman oleh masing-masing petani,” lanjut Noval.

Dinas Pertanian Gayo Lues juga akan memberikan pupuk dan obat-obatan secara gratis kepada petani sesuai dengan jumlah sawah yang dimiliki, sedangkan hasil panen padinya langsung untuk masyarakat yang menanam dan mengelolanya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *