,

TNGL Akan Buka Balai Riset di Agusen

BLANGKEJEREN – Pihak Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) wilayah Tiga Kabupaten Gayo Lues akan membuka dan memperbaiki bangunan balai Riset TNGL di desa Agusen, Kecamatan Blangkejeren. Pembukaan balai Riset itu berdasarkan permohonan Bupati H Ibnu Hasyim pada 5 Oktober 2016 lalu.

Kepala Seksi TNGL wilayah Tiga Gayo Lues, Zainal Abidin, Jumat, 31 Desember 2017 mengatakan, pembukaan balai riset Agusen sudah disetujui balai besar TNGL, dan untuk pengoperasianya, pihaknya terlebih dahulu memperbaiki kantor yang ada. “Kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal pengoperasian balai riset ini, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik ke depan,” katanya.

Sementara Kepala Bappeda Gayo Lues Ridwan mengatakan, keberadaan balai riset TNGL sangat diperlukan di Kabupaten Gayo Lues, pasalnya di seluruh Provinsi Aceh hanya di Universitas Syiah Kuala Blangnangka yang ada jurusan kehutanan.

“Untuk kepentingan mahasiswa ini, tentu saja sangat membutuhkan balai riset, jika tidak kan harus keluar daerah lagi mahasiswa melakukan riset, seperti ke Aceh Tenggara dan Kabupaten lainya,” ujarnya.

Untuk kepentingan mahasiswa Unsyiah Blangnangka, Pemkab Gayo Lues akan berupaya membantu semaksimal mungkin supaya balai riset Agusen bisa sesegera dimanfaatkan, termasuk akan memberikan sejumah bantuan dana demi sesegera mungkin balai riset tersebut beroperasi.

“Selain untuk kepentingan mahasiswa balai riset ini juga bermanfaat untuk daerah, seperti warga luar bisa melakukan riset ke Gayo Lues, otomatis bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *