,

Tim Survey Meninggal, Trinusa Tetap Lanjutkan Pembangunan PLTA Kluet

TAPAKTUAN – Environmental and Forestry Advisor PT Trinusa Energi Indonesia, Ir Nur Hidayat, menyatakan, musibah tewasnya tiga orang tim study survey akibat terseret arus sungai Alue Buloh, puncak gunung Desa Jambo Papeun, Kecamatan Meukek tidak menghambat proses pekerjaan pembangunan PLTA Kluet 1.

“Proses pekerjaan tetap kita lanjutkan sebab kita tidak melakukan pelanggaran hukum. Kejadian ini hanya musibah yang datang secara tiba-tiba tanpa kita prediksi sebelumnya. Jadi sama sekali tidak terpengaruh dengan proses pekerjaan proyek dilapangan,” kata Ir Nur Hidayat saat dihubungi dari Tapaktuan, Selasa, 3 Januari 2017.

Menurutnya, pihak PT Trinusa Energy Indonesia tetap bertanggungjawab penuh terhadap para pekerja yang menjadi korban dalam musibah tersebut. Bentuk tanggungjawab itu, kata dia, selain menyediakan anggaran selama proses pencarian korban hilang termasuk segala kebutuhan biaya dalam proses evakuasi dua jenazah asal Bandung, Jawa Barat yang telah berhasil ditemukan sampai biaya pemberangkatan jenazah tersebut ke kampung halamannya masing-masing.

“Alhamdulillah pihak keluarga korban dengan difasilitasi pihak perusahaan telah memulangkan dua jenazah masing-masing atas nama Syarif Basarah dan Testa Muhammad Abduh dari Aceh Selatan ke Bandung, Jawa Barat. Dari Aceh Selatan kedua jenazah tersebut dibawa menggunakan mobil ambulance ke Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara. Kemudian dari Kuala Namu jenazah diterbangkan menggunakan pesawat udara ke Bandung,” jelasnya.

Selain itu, sambung Nur Hidayat, bentuk tanggungjawab perusahaan juga diwujudkan dalam bentuk pemberian uang santunan terhadap masing-masing keluarga korban baik dua orang yang berasal dari Bandung, Jawa Barat maupun satu orang lagi yang jenazahnya sampai saat ini belum ditemukan yakni Muktar Yuli asal Desa Jambo Papeun, Meukek.

Penegasan yang sama juga disampaikan salah seorang staf PT Trinusa Energy Indonesia bernama Sayid dalam pertemuan dengan Kepala Desa Jambo Papeun, Ubat NY dengan disaksikan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat di Desa Jambo Papeun, Senin, 2 Januari 2017.

Sayid yang turut didampingi Project Manager PT Trinusa Energi Indonesia, Luthfi Naufal mengutarakan, kegiatan study survey PLTA di Gunung Pucuk Kluet yang mendapat dukungan penuh dari Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH tetap akan dilanjutkan kembali.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *