,

Tim Saman Gayo Lues Akan Tampil Pada KTT OKI

BLANGKEJEREN – Tim penari saman asal Gayo Lues dijadwalkan akan tampil pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 di Jakarta pada 6 dan 7 Maret 2016.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafrudin, Minggu, 6 Maret 2016 menjelaskan, kepastuan itu diperoleh setelah panitia KTT OKI mengirim surat kepada Pemkab Gayo Lues perihal permintaan tim tari saman untuk tampil di sana.

“Penari Saman yang kami bawa ke Jakarta ini merupakan binaan Pemkab Gayo Lues, mereka siap tampil untuk memeriahkan acara ini, dan menurut jadwal yang kami terima, penampilan tari saman dilakukan pada penutupan acara,” katanya.

Selain dimeriahkan Tari Saman, acara KTT OKI tersebut juga dimeriahkan satu tarian yang berasal dari pulau Jawa, kedua jenis tarian asli Indonesia itu akan tampil berlaian waktu.

“Sejak tari saman Gayo Lues diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda, kita selalu diundang keberbagai acara di tingkat nasional dan internasional untuk menampilkan tari saman, pengakuan Unesco menjadikan tari saman dikenal oleh dunia,” jelasnya.

Meskipun penari saman Gayo Lues sudah sering tampil di berbagai negara, Syafrudin mengaku akan tetap mengelar latihan di Jakarta sebelum tampil di KTT OKI. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *