,

Tim Saber Pungli Jangan Jadi Alat Politik

TAPAKTUAN – Para Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di Aceh Selatan diharapkan tidak memanfaatkan tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) sebagai alat politik untuk menjatuhkan pihak lain.

Permintaan itu disampaikan Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra, usai melantik tim saber pungli di gedung pertemuan Rumoh Agam, Tapaktuan, Rabu, 8 Februari 2017. “Bersainglah secara sehat, tim saber pungli jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk secara bersama-sama mengawasi kinerja pemerintah daerah,” ujarnya.

Khusus terhadap pejabat Kepala SKPK beserta jajarannya, Bupati Aceh Selatan mengingatkan bahwa jangan sampai terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh tim Saber Pungli di instansi mereka masing-masing.

Jika sampai ada temuan kasus, Bupati menegaskan bahwa pihak pertama yang akan dipanggil dan dimintai pertanggungjawaban oleh pihaknya adalah Kepala SKPK terkait.

“Jika ada temuan kasus di dinas atau instansi tertentu di bawah jajaran Pemkab Aceh Selatan, pihak pertama yang akan saya minta pertanggungjawaban adalah pimpinan SKPK bersangkutan,” tegasnya.

Tim saber pungli Aceh Selatan dipimpin Wakapolres Aceh Selatan Kompol Sabri SE. Wakil Ketua I Inspektur Kabupaten Aceh Selatan Drs Rasyidin, Wakil Ketua II Kasie Intelijen Kejari Aceh Selatan.

Komposisi unit pelaksana tugas ini terdiri dari beberapa kelompok kerja. Untuk pokja unit intelijen diketuai Kasat Intelkam Polres Aceh Selatan, sekretaris Kepala Badan Kesbangpol dan anggota Pasie Intel Kodim 0107 Aceh Selatan. Pokja unit pencegahan di ketuai Kasat Binmas Polres Aceh Selatan, sekretaris Kasat Sabhara dan anggota Kasatpol PP dan WH, Kasub Den Pom dan Kasie Propam Polres.

Pokja unit penindakan diketuai Kasatreskrim Polres Aceh Selatan dan pokja unit yustisia diketuai Kasie Pidana Umum Kejari Aceh Selatan, sekretaris Kabag Hukum Setdakab anggota Kanit II Tipiter Satreskrim dan Kaur Bin Ops Satreskrim. Kepala Posko diketaui Kabag Organisasi Setdakab, sekretaris Kasie Pengawasan Polres dan anggota Kasubbag Umum Inspektorat dan Paur Binkum Polres.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *