,

Tim Pemantau Otsus DPR RI Kunjungi Aceh

BANDA ACEH – Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, Papua dan keistimewaan Yogjakarta, Senin, 23 Oktober 2017 melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Mereka diterima Gubernur Irwandi Yusuf di Ruang Potensi, Lantai 3 Kantor Gubernur Aceh.

Tim dari DPR RI tersebut terdiri dari Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon selaku ketua tim, H Firmandez sebagai Koordinator Tim Pemantau Otsus Aceh, serta M Nasir Djamil (PKS), Irmawan (PKB) Rufinus Hotmaulana Hutauruk (Hanura) dan Fadhlullah (Gerinda) anggota tim.

Fadli Zon menjelaskan kunjungan ke Aceh tersebut dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR RI di Aceh. Menurutnya, tim pemantau Otsus dibentuk melalui Paripurna DPR RI karena dipandang pelaksanaan Otsus di Aceh, Papua dan keistimewaan Yogjakarta belum berjalan dengan baik.

“Tim ingin mengetahui tentang pelaksanaan Undang-undang No 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh (UUPA) terkait isu-isu startegis di Aceh,” jelas Fadli Zon.

Beberapa isu startegis yang dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya: sejumlah peraturan pelaksana UUPA yang belum turun dari pusat, pemanfaatan dana Otsus di Aceh yang sudah mencapai Rp 56 triliun, pelaksanaan Kepres tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, pelaksanaan fungsi Badan Pengelola Minyak dan Gas Aceh (BPMA) tentang pengelolaan minyak dan gas (Migas) di Aceh, Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), serta masalah penolakan proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Gampong Pande oleh masyarakat.

“Kami telah menerima masukan dari berbagai pihak terkait isu-isu startegis di Aceh, untuk kemudian menjadi bahan pembahasan kami di DPR RI, apa yang kami dapatkan di sini akan kami bahas nantinya dalam sidang paripurna,” ujar politisi Gerindra tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *