,

Tim Krimsus Polda Aceh Periksa Tambang Galian C Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Polda Aceh menurunkan Tim Kriminal Khusus (Krimsus) ke Kabupaten Gayo Lues untuk menertipkan galian C ilegal yang sudah lama beroperasi. Pasalnya, hingga kini belum ada satu perusahaanpun di Gayo Lues yang sudah mengantongi izin galian C.

Sementara perusahaan besar dan kecil terus melakukan galian C ilegal di Daerah Aliran Sunggai (DAS) Gayo Lues untuk memenuhi kebutuhan material proyek, tak heran jika ada perusahaan yang megeruk pasir dan batu di dekat jembatan maupun irigasi yang dapat merusak bangunan.

Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman melalui Kasat Reskrim Iptu Abdulah Hamid Senin, 17 September 2018 membenarkan adanya tim Polda Aceh turun ke Gayo Lues.

“Yang datang itu tim dari Krimsus Polda Aceh bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh untuk melakukan penertipan galian C ilegal, serta melihat langung titik-titik di mana saja yang diperkirakan boleh melakukan galian C,” katanya.

Menurutnya, penertipan yang dilakukan Tim Krimsus itu kata Kasat Reskrim bukan hanya kesalah satu AMV, tetapi kesemua AMV Perusahaan yang ada di Gayo Lues yang melakukan aktifitas galian C ilegal, dan salah satu tujuanya agar izin galian C bisa cepat dikeluarkan pemerintah Aceh dan aktifitas galian C berada di tempat yang tepat.
“Tidak ada yang ditangkap atau diamankan, karena kami dari Satreskrim Polres Gayo Lues ikut memback-up saat proses penertipan kemarin,” katanya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *