,

Tim Gabungan Razia Vaksin Palsu di Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Tim gabungan bentukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggelar razia vaksin palsu ke seluruh Puskesmas, Pustu, Apotik, tempat praktik dokter serta RSUD Yulidin Away Tapaktuan, Kamis, 21 Juli 2016.

Tim gabungan terdiri dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik serta Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres.

Kanit Tipiter Satreskrim Polres Aceh Selatan, Ipda Adrianus menjelaskan, razia vaksin palsu berlangsung secara serentak seluruh Indonesia menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait dan Mabes Polri.

“Razia ini juga melibatkan tenaga ahli (dokter) dari Dinas Kesehatan Aceh Selatan. Sasarannya adalah seluruh Puskesmas dan Pustu, Rumah Sakit, tempat praktik dokter serta apotik atau depot,” kata Adrianus, Kamis, 21 Juli 2016.

Dalam razia di Kecamatan Tapaktuan, tim tidak menemukan adanya vaksin palsu yang beredar atau digunakan oleh tenaga medis atau instansi kesehatan di daerah itu. “Kecamatan Tapaktuan dapat dipastikan terbebas dari penggunaan vaksin palsu,” tegasnya.

Razia vaksin palsu akan berlanjut ke seluruh kecamatan dalam wilayah Aceh Selatan, untuk menjamin bahwa di daerah itu benar-benar aman dari penggunaan vaksin palsu yang sangat membahayakan bagi anak-anak balita.

Kasubbag Tata Usaha Puskesmas Air Berudang, Kecamatan Tapaktuan, Indra Syahputra, yang ditanya terpisah disela-sela kegiatan razia mengungkapkan, pihaknya memastikan bahwa di Puskesmas tersebut terbebas dari penggunaan vaksin palsu.

Alasannya, selain karena seluruh vaksin yang digunakan selama ini seluruhnya dipasok oleh pihak Dinas Kesehatan setempat, pada Rabu (20/7) tim dari BPPOM Provinsi Aceh telah turun ke Puskesmas itu untuk melakukan pemeriksaan.[Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *