,

Tiga Kadis Berebut Jabatan Sekda Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Tiga kepala dinas (Kadis) lulus seleksi tiga besar pemilihan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan. Ketiga mereka adalah Cut Yusminar APi, MSi (Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan), Mardhaleta SE MKes (Kadis Kesehatan Aceh Selatan) dan H Nasjuddin SH MM (Kadis DPKKD Aceh Singkil).

Sementara, Drs HT Darisman (staf ahli Bupati Aceh Selatan), yang juga ikut dalam proses seleksi tersebut, dinyatakan gugur, setelah dalam proses seleksi tahap dua dirinya dinilai tidak mampu menyaingi perolehan nilai tiga calon tadi.

Tim Pansel yang dipimpin Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Prof Dr Jasman J Ma`ruf, telah menyerahkan tiga nama calon Sekda tersebut bersama tiga nama lainnya untuk calon Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3), kepada Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH. Tiga nama calon Kepala BKP3 masing-masing adalah Fakhruddin SSos, MSi, Drs. Shaumi Radli dan Ir H Syahrial Amin MM.

Selanjutnya, Bupati HT Sama Indra SH selaku pejabat pembina kepegawaian akan memilih satu nama untuk ditetapkan sebagai Sekda (eselon IIA) menggantikan Drs H Harmaini MSi yang sudah memasuki masa pension, dan satu nama untuk ditetapkan sebagai Kepala BKP3 Aceh Selatan (eselon IIB) menggantikan Ir Herman Arsyad yang juga telah memasuki masa pensiun.

Sekretaris tim Pansel yang juga Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Aceh Selatan, Hj Hayatun SH yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Mutasi, Munharsam SE di Tapaktuan, Minggu, 17 April 2016 mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, salah satu tugas panitiaseleksi adalah menyampaikan hasil penilaian akhir sebanyak-banyaknya 3 orang dari seluruh peserta seleksi kepada Bupati dan selanjutnya Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian memilih satu diantaranya.

“Nama-nama pejabat calon Sekda dan calon Kepala BKP3 tersebut telah diserahkan secara langsung oleh ketua tim Pansel Prof Dr Jasman J Ma`ruf didampingi tiga orang anggota masing-masing Dr Said Munadi SE MBA, Drs HT Meurah Hasan MSi dan H Nasarurrahman SH MM serta Hj Hayatun SH yang bertindak sebagai sekretaris, kepada Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH di Pendopo Bupati pada Jumat sore,” kata Munharsam.

Munharsam menambahkan, setelah menerima nama-nama calon pejabat dimaksud, selanjutnya Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH akan berkoordinasi dengan Gubernur Aceh di Banda Aceh pada tanggal 19 April 2016. Setelah tahapan itu dilaksanakan, maka selanjutnya Bupati Aceh Selatan akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) menetapkan satu nama pada dua posisi jabatan dimaksud.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pejabat yang akan dipilih oleh Bupati HT Sama Indra SH tersebut akan resmi diangkat pada Senin, 25 April 2016 melalui prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah,” paparnya.

Sebelumnya, sejak seleksi terbuka calon Sekda Aceh Selatan dibuka Senin 14 Maret 2016 lalu, tercatat sebanyak enam pejabat eselon IIB ikut serta mendaftar dan mengambil formulir. Keenam orang tersebut masing-masing adalah, Drs Tio Achriyat (Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Selatan), Diva Samudera Putra SE (Kepala DPKKD Aceh Selatan), Drs HT Darisman MM (Staf ahli Bupati), Cut Yusminar APi, MSi (Kadis Kelautan dan Perikanan), Mardhaleta SE MKes (Kadis Kesehatan) dan H Nasjuddin SH MM (Kepala DPKKD Aceh Singkil). Namun, setelah dilakukan proses seleksi administrasi yang diumumkan pada Kamis (31/3), dua diantaranya dinyatakan tidak lulus yakni Drs Tio Achriyat dan Diva Samudera Putra SE.

Tahapan seleksi selanjutnya yakni Psikotes yang dilaksanakan langsung Psikodista Konsultan di bawah pimpinan Dra Nur Janah serta penelusuran rekam jejak, Leaderless Group Discussion (LGD), Interview mendalam dan presentasi makalah yang dilakukan oleh tim Pansel, sejak tanggal 4 sampai 15 April 2016, maka berdasarkan hasil Assessment Center yang telah dilakukan, tim asesor memilih tiga orang sesuai perolehan nilai tertinggi. Dengan demikian, Drs HT Darisman MM secara otomatis dinyatakan gugur atau terdepak dari perebutan kursi calon Sekda Aceh Selatan.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *