,

Tiga Calon Ikut Bursa Pemilihan Ketua Umum KADIN Aceh

Panitia Musyawarah Provinsi (Muprov) VI Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, menerima tiga calon ketua umum yang akan berkompetisi untuk memperoleh jabatan Ketua Umum KADIN Aceh periode 2018-2023.

Ketiga mereka adalah Teuku Sulaiman Badai, Fachrizal Murphy, dan H Deddy Azwarsyah. Pendaftaran calo ketua umum resmi ditutup Kamis, 8 November 2018 pukul 16.00 WIB, setelah dibuka sejak 15 Oktober 2018 lalu.

Teuku Sulaiman Badai yang juga Ketua Steering Committee (SC) Muprov VI KADIN Aceh menjelaskan, pendaftaran calon ketua umum KADIN Aceh sudah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta Peraturan Organisasi (PO) KADIN.

Pendaftaran calon ketua umum sudah dibuka sejak sebulan lalu, yakni pada 15 Oktober 2018. Dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KADIN, penutupan pendaftaran dilakukan seminggu sebelum Musprov digelar.

Pria yang sering disama Ampon Leman ini melanjutkan, saat pertama pendaftaran dibuka, Panitia Musprov sudah mengumumkan di media, sebagai bentuk keterbukaan informasi bagi siapa saja yang ingin maju, meski secara aturan tidak diwajibkan membuat pengumuman.

“Tapi kita tetap mengumumkan di media, agar siapa-siapa yang ingin maju bisa mempersiapkan diri. Dan ternyata, sampai penutupan pendaftaran, ada tiga calon yang mendaftar,” jelasnya.

Selain itu kata Ampon Leman, KADIN Indonesia juga sudah menyetujui soal waktu penyelenggaraan Musprov yakni pasa 15 November 2018. Jadwal tersebut susuai dengan hasil Rapat Pleno Pengurus Lengkap KADIN Aceh Jumat, 12 Oktober 2018 disepakati Musprov akan digelar pada 15 November 2018. Persetujuan KADIN Indonesia tentang jadwal Musprov KADIN Aceh disampaikan pada 31 Oktober 2018 melalui surat No.1688/SKI/X/2018.

“Panitia Musprov juga sudah membuat persiapan yang matang. Kemarin, pada 7 November 2018 KADIN Aceh juga sudah memberitahukan kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini Kapolda Aceh melalui Dir Intelkam Polda Aceh melalui surat No:305/SK/Kdn Aceh/XI/2018 tentang pemberitahuan Muprov VI KADIN Aceh,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum KADIN Aceh yang akan demisioner, H Firmandez. Soal pendaftaran calon ketua umum KADIN Aceh sudah disampaikan di media melalui pengumumam No.01/SC-OC/Muprov/VI/Kdn/X/2019 yang telah dirilis ke media pada 15 Oktober 2018 lalu, yakni pada hari pertama pendaftaran dibuka.

Baca: Pendaftaran Calon Ketua KADIN Aceh Ditutup 8 November

H Firmandez menambahkan, persiapan Musprov sudah berjalan sesuai timeline yang telah disepakati bersama, Organizing Committee (OC) dan Steering Committee (SC) bersama seluruh panitia Musprov bisa mempersiapkan berbagai hal terkait hajatan suksesi kepengurusan KADIN Aceh tersebut. Penentuan jadwal Musprov juga merupakan hasil konsultasi kita ke KADIN Indonesia.

Sebelumnya, jadwal Musprov VI KADIN Aceh sempat dipermasalahkan oleh beberapa pihak, bahkan para pihak tersebut sempat menyorot status kepengurusan dan menguasai kantor KADIN Aceh. Namun, karena Pengurus KADIN Aceh dan Panitia Musprov sudah bekerja sesuai AD/ART dan peraturan organisasi KADIN, pihak KADIN Indonesia menyatakan tidak ada persoalan dengan Musprov KADIN Aceh.

Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Kompartemen Organisasi Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Ali Said.

Baca: KADIN Indonesia Tegaskan Kepengurusan KADIN Aceh Tidak Ada Masalah

Sebelumnya, H Firmandez juga menjelaskan, pengurus KADIN Aceh bersama Panitia Musprov juga sudah melaporkan tentang Musprov KADIN Aceh kepadan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan meminta kesediaannya untuk membuka acara tersebut pada 15 November 2018 nanti.

Selain itu kata H Firmandez, Panitia Musprov juga sudah menyurati semua KADIN kabupaten/kota di Aceh untuk berpartisiasi aktif dalam agenda tersebut. Bahkan sesuai amanah AD/ART organisasi juga telah melakukan pengukuhan pengurus KADIN beberapa kabupaten/kota yang telah selesai melakukan musyawarah kabupaten/kota (Mukab/Mukota).[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *