,

Terkait Masalah Rohingya, India Tolak Deklarasi Bali

BALI – Delegasi Parlemen India di World Parliamentary Forum menolak hasil Deklarasi Bali. Penolakan dilakukan terkait perbedaan perspektif tentang masalah krisis kemanusiaan di Rohingya, Myanmar.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKAP) DPR RI yang tergabung dalam delegasi parlemen Indonesia, H Firmandez menjelaskan, Deklarasi Bali berisi 17 poin kesepakatan. Diantara poin-poin kesepakatan itu ada perbedaan pandangan dari delegasi parlemen India, khususnya terkait masalah Rohingya.

“Seperti yang disampaikan Ketua DPR RI, Pak Fadli Zon, sikap India itu adalah sebuah dinamika dalam forum. India menolak terlibat dalam implementasi poin-poin Deklarasi Bali,” jelas anggota DPR RI Fraksi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut.

H Firmandez melanjutkan, hanya delegasi parlemen India yang menolak Deklarasi Bali, sementara delegasi parlemen dari negara-negara lainnya, sepakat mendukung penyelesaian krisis kemanusiaan di Myanmar.

“Alasan India menolak ikut dalam penyelesaian krisis kemanusiaan di Myanmar dengan alasan bahwa masalah dalam negara mereka masih menjadi prioritas. Sementara parlemen dari hampir 50 negara lainnya sepakat bahwa kekerasan di Myanmar harus dihentikan, khususnya terkait etnis Rohingya,” ungkap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *