,

Tenaga Medis Daerah Terpencil Dibekali Motor Trail

BLANGKEJEREN – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di daerah pedalaman dan terpencil Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues membekali tenaga medis dengan sepeda motor trail. Negeri seribu bukit tersebut juga masih kekurangan dokter, terutama dokter gigi.

Kepala Dinas Kesehatan Gayo Lues, dr Nefrizal menjelaskan, pembagian sepeda motor trail dan penghargaan kepada tenaga medis daerah terpencil dilakukan pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52, Jumat, 18 November 2016 di Puskesmas Blangkejeren.

Ada 32 trail yang dibagikan, penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati Ibnu Hasyim. Pemberian trail tersebut bertujuan untuk memudahkan mobilisasi tenaga medis baik dalam melakukan kunjungan ke rumah pasien maupun mengambil dan mendistribusikan obat.

“Selama ini, sebagian petugas kesehatan merasa kesulitan menuju pusat kota akibat tidak ada angkutan yang melintas, seperti petugas kesehatan yang tinggal di desa Lesten, Kecamatan Pining, desa Tongra Kecamatan Teragun, dan desa Agusen, Kecamatan Blangkejeren,” jelasnya.

Nefrizal melanjutkan, pihaknya juga terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terpencil tentang pentingnya penanganan masalah kesehatan secara tepat dan benar.

“Dari 11 kecamatan yang saya kunjunggi, ada salah satu pasien di kecamatan Tripe Jaya yang harus diamputasi, awalnya dia menolak diobati meski sudah dibujuk tenaga medis disana, dan setelah saya datang berulang kali membujuk, barulah ibuk rumah tangga itu mau, sehingga langsung di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), mudah-mudahan beberapa hari ini sudah sembuh,” ungkapnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *