,

Tempati Hutan Lindung, Warga Satu Kecamatan Akan Direlokasi

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues mewacanakan akan merelokasi seluruh warga Kecamatan Putri Betung. Alasannya, lahan yang mereka tempati merupakan hutan lindung.

Rencananya, para warga di kecamatan Putri Betung akan direlokasi ke perbatasan Kecamatan Pining dengan Kabupaten Aceh Tamiang. Pemerintah akan membangun rumah dan pemukiman baru lengkap dengan fasilitas umum di lokasi relokasi. Warga relokasi juga akan diberikan kebun siap panen.

Arwin, petani di daerah Kacang Retak, Pungke Jaya, Kecamatan Putri Betung, Selasa 10 Mei 2016 mengatakan, Pemkab Gayo Lues harus secepatnya memastikan kepastian relokasi agar tidak timbul polemic dalam masyarakat.

“Takutnya setelah menanam kopi dengan jumlah yang luas dilakukan relokasi, kan sangat sayang tenaga kami, maunya Pemda mengumumkan apakah jadi atau tidak relokasi ini, kalau memang tidak biar enak kita berkebun kopi di sini,” katanya.

Informasi yang diketahui Arwin, sebelumnya Pemkab Gayo Lues telah menganggarkan sebagian dana untuk keperluan pendataan dan biaya lain relokasi, tetapi hingga kini belum ada kepastian bagi warga.

“Pada pembukaan Arung Jeram dulu di Aih Jernih Putri Betung sempat dikatakan pak Bupati H. Ibnu Hasim akan dilakukan relokasi, namun kepastianya yang belum jelas, sampai saat ini belum pasti. Kalau dulu kami sempat kebingungan, karena sudah banyak tanaman yang bisa dipanen di kebun kami ini,” ujarnya.

Jika memang relokasi tidak jadi dilakukan, Arwin berharap agar Pemkab Gayo Lues secepatnya mengumumkan kepada masyarakat, serta berusaha agar tanah yang sudah ditempati warga sejak puluhan tahun silam bisa menjadi hak milik tanpa bisa diganggu gugat.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *