,

Tembus Isolasi Lesten, PU Anggarkan Rp15 M

BLANGKEJEREN – Lesten merupakan daerah paling terisolir di Kabupaten Gayo Lues. Untuk menembus isolasi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) negeri seribu bukit itu menganggarkan dana Rp 15 miliar untuk pembangunan jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gayo Lues, Abdul Rasyad, Rabu, 8 Juni 2016 mengatakan, peningkatan jalan Pining menuju Lesten dikerjkan oleh PT Lembah Alas dengan anggaran Rp 15 miliar dari Dana Alokasi Khussu (DAU).

“Pengerjaan jalan itu mencapai 18 kilometer, dimulai dari simpang Pining hingga masuk ke desa Lesten, namun tidak semuanya diaspal, tahun ini hanya dua kilometer saja yang diaspal, selebihnya diperbaiki agar bisa dilintasi,” jelasnya.

Dengan diperbaikinya jalan Lesten, keterisoliran warga akan segera berakhir, dan prekonomian warga juga akan membaik dari sebelumnya, karna dengan bagusnya jalan, harga hasil perkebunan warga akan meningkat dari yang selama ini dibeli agen dengan harga murah.

“Mudah-mudahan dengan pembukaan jalan ini, Desa Lesten yang selama ini dikatakan desa yang paling terisolir akan berubah menjadi desa dengan penghasilan perkebunan terbesar di Gayo Lues, dan bisa menjadi desa wisata,” harapnya.

Selama ini, warga Lesten yang hendak turun ke pusat Kecamatan Pining terpaksa menaiki jonder (alat penyangkul kebun) selama satu hari untuk melewati medan yang terjal, bahkan untuk melewati 18 kilometer jalan harus menmpuh perjalanan satu hari penuh.

Namun jika sesekali jonder rusak di jalan menanjak, menurun dan di kubangan, maka dengan terpaksa warga berjalan kaki melewati gunung sembari membawa hasil perkebunan untuk dijual ke Kecamatan Pining. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *