,

Tarian Saman Meriahkan Karnaval PKA-7

BANDA ACEH – Panitia Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Kabupaten Gayo Lues menampilkan atraksi tari saman di depan Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh saat Karnaval PKA ke 7, Senin, 6 Agustus 2018.

Suara riuh diselingi tepuk tangan meriah dari penonton terus bergemuruh mulai dari atraksi hingga akhir, dan tari saman itu jelas terlihat bisa memukau seluruh penonton yang ada di kerumunan itu. para penonton antusisan mengabadikan aksi penari tarian seribu tangan tersebut dengan kamera handphone dari jarak dekat, meski berulang kali dilarang panitia.

Syafrudin Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues mengatakan, penari saman itu merupakan binaan Pemerintah Daerah dengan jumlah 13 orang saat tampil tadi, sedangkan dibelakangnya adalah penari bines (wanita) yang berjumlah 12 orang untuk memadukan lagu tari saman dan bines.

“Peserta karnaval dari Gayo Lues tadi berjumlah 100 orang, dan semuanya sudah kita persiapkan dengan peran masing-masing, ada yang menari saman, bines, membawa bendera dan yang lainya,” katanya.

Di mimbar karnaval, Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru bersama istri dan Wakil Bupati H Said Sani didampinggi istrinya juga ikut melambaikan tanggan kepada peserta dari Gayo Lues. Pemimpin daerah itu ikut bertepuk tanggan dan menggeleng-gelengkan kepala saat tari saman ditampilkan di depan Wali Nanggroe dan para pejabat teras Aceh tersebut.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *