,

Tak Ikut UKW Keanggotaan PWI tak Diperpanjang

BLANGKEJEREN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Tarmilin Usman, mengancam tidak akan memperpanjang kartu keanggotaan bagi anggota PWI yang tak ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“UKW ini bertujuan menertipkan wartawan, selama ini semua orang bisa menjadi wartawan, dan yang membuat media tidak bisa dilarang, biar ada standar diterapkan dewan Pers UKW ini, bisa jadi tahun depan atau depanya lagi harus ada kartu UKW baru bisa konfirmasi, kalau sekarang memang belum,” katanya kepada wartawan di kantor Balai PWI Aceh Tamiang, Sabtu malam, 23 April 2016.

Dilanjutkan Tarmilin Usman, wartawan yang sudah lulus UKW baru benar-benar profesional karena telah diuji, dan bagi wartawan yang tidak bisa membuat berita tidak akan pernah diluluskan oleh penguji.

“Banyak sekali yang mengaku wartawan, sehingga nama wartawan menjadi jelek, untuk itu UKW akan menjadi penentu nantinya, sehingga ke depan tidak ada lagi wartawan jadi-jadian,” ujarnya.

Dari jumlah 16 ribu lebih anggota PWI di seluruh Indonesia, yang sudah mengikuti UKW baru 5.000 orang. UKW itu sendiri dimunculkan dewan Pers tahun 2011 setelah mengelar kesepakatan dalam acara Piagam Palembang tahun 2010 yang lalu.

“Mudah-mudahan wartawan profesional di Aceh khususnya anggota PWI tahun ini dan tahun depan semuanya sudah UKW, dan setelah di Tamiang ini, UKW akan kita adakan lagi di Lhokseumawe, Banda Aceh, dan di daerah lainya,” jelasnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *