,

Subsidi Turun, Bandara Senubung Tak Lagi Disinggahi Pesawat

BLANGKEJEREN – Bandara Senubung, Gayo Lues sudah lama tak lagi disinggahi pesawat perintis. Pasalnya, subsidi pemerintah turun, sementara biaya operasional pesawat ke negeri seribu bukit itu tinggi. Tiga kali tender sudah dilakukan, namun tak ada perusahaan penerbangan yang ikut.

Hal ini menyebabkan sepanjang tahun 2017, bandara yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar tersebut tak pernah disinggahi pesawat lagi. Padahal tahun-tahun sebelumnya, pesawat secara berkala mengangkut penumpang dari Senubung ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar dan Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara.

Irwan salah satu warga Blangkejeren, Kamis, 4 Mei 2017 mengatakan, dirinya sangat menyesalkan kinerja Pemerintah yang sangat lamban membuat kerja sama dengan pihak penerbangan. Padahal saat ini sudah hampir masuk pertengahan tahun, tetapi sejak awal Januari hingga awal bulan Mai 2017 belum ada pesawat yang singgah ke Bandara Senubung.

“Pemerintah harus secepatnya membuat kerja sama dengan pihak perusahaan penerbangan, supaya bandara yang dibangun dengan anggaran puluhan miliar itu tidak munazir,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Gayo Lues, Ibrahim Saleh mengatakan, selama ini pemerintah telah berusaha membuat kerja sama dengan pihak perusahaan penerbangan, tetapi saat dilakukan pelelangan, tidak ada satu pun perusahaan penerbangan yang mendaftar.

“Alasan mereka tidak mendaftar karena subsidinya dikuranggi dari tahun lalu, hal itu berdasarkan hasil dari Audit BPK, setelah diikuti oleh Kementrian Perhubungan dan ditender, hasilnya perusahaan penerbangan tidak mau karena biaya oprasional sangat besar, penumpang tidak setiap hari penuh,” jelasnya.

Saat perusahaan penerbangan tidak ada yang mendaptar, Kementrian Perhubungan kembali merubah standar oprasionalnya dan menaikan subsidi dari subsidi awal, lagi-lagi tidak ada perusahaan yang mendaftar. “Sudah tiga kali tender angka subsidi juga dinaikkan dari tender pertama dan kedua,” jelansya.

Meski demikian kata Ibrahim Saleh, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, dalam bulan Mei 2017 ini perusahaan penerbangan Susi Air akan masuk ke Bandara Senubung. “Susi Air sudah mengikuti tender, kalau perusahaan lain tidak ada yang memasukkan penawaran,” pungkasnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *