,

Suaga Akan Selidiki Kegiatan LSM Asing di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Suara Anak Gayo (Suaga) sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Gayo Lues, akan menyelidiki seluruh LSM asing yang beroperasi di daerah tersebut, terutama menyangkut pengelolaan dana dari luar negeri terhadap pengelolaan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Penegasan itu disampaikan Ketua LSM Suaga, Hasan, Senin, 27 Maret 2017. Menurutnya, selama ini banyak LSM luar yang beroperasi di sana tapi tidak berkoordinasi dengan Pemkab Gayo Lues. Apalagi selama ini katanya di Kecamatan Blangjeranggo ada kegiatan yang dilakukan oleh LSM luar daerah.

“Kami akan melakukan penyelidikan terkait anggaran yang dikelola oleh LSM luar, apa-apa saja kegiatanya, dan dari mana saja sumber dananya, sebab kami selaku tuan rumah tidak pernah dilibatkan,” ungkapnya.

Menurut hasil pantauan kata Hasan, sejak beberapa tahun terakhir ada kegiatan LSM luar daerah di Kabupaten Gayo Lues yang tujuanya untuk menguranggi penebangan hutan TNGL dan membina masyarakat agar sejahtra tanpa penebangan TNGL, namun kenyataan di lapangan sangat berbeda.

“Kita lihat sekarang, hutan dilereng pegunungan yang masuk kekawasan TNGL sudah banyak ditebang oleh masyarakat, dan masyarakatnya juga masih melarat, itu artinya jikapun ada dana dari luar negeri yang dikelola oleh LSM hanya dinikmati oleh segelintir orang,” jelasnya.[HK]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *