,

SMP Negeri 1 Pining Krisis Guru

BLANGKEJEREN – Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues sangat minim tenaga pengajar. 200 lebih siswa di sekolah tersebut hanya ditangani oleh 5 guru bersetatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dab 5 honorer termasuk penjaga pintu dan taman.

Kepala SMP Negeri 1 Pining, Feriyanto menjelaskan, sebelumnya jumlah guru di SMP itu sudah memadai karena saat penerimaan PNS tahun 2013 lalu banyak yang lulus dan mengajar di SMP Pining. Tapi karena banyak guru yang pindah, proses belajar mengajar jadi terganggu.

“Kami kekurangan guru, bahkan saat proses belajar mengajar berlangsung ada yang tidak sesuai jadwal diajarkan, seperti mata pelajaran bahasa Indonesia, akibat gurunya tidak ada harus digantikan ke guru matematika,” katanya.

Dilanjutkan Feriyanto, saat ini kekurangan guru di sekolah tersebut mencapai 5 orang, dan kekurangan itu harus diisi oleh guru lainya yang tidak sesuai bidang, sehingga saat proses ujian berlangsung nantinya dikhawatirkan ada siswa yang tidak bisa menguasai pelajaran.

Saat ditanyak kenapa diberikan rekom pindah oleh Kepala Sekolah sendiri terhadap guru PNS yang sebelumnya mengajar di SMP tersebut. “Tidak ada saya berikan rekom kepada guru yang pindah itu, tapi guru ini yang main dengan pejabat di atas, sehingga tanpa sayapun mereka bisa pindah,” keluh Kepsek SMP ini.

Berdasarkan perjanjian yang dibuat pelamar CPNS tahun 2013 yang lalu, setiap orang yang diangkat menjadi CPNS harus membuat surat perjanjian tidak meminta pindah dan tidak akan dipindahkan selama delapan tahun ditempat tugas pertamanya, tetapi kenyataan di lapangan, setelah guru mendapat SK seratus persen langsung minta pindah dan diberikan rekomendasi oleh pejabat yang berwenang. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *