,

Situs Sejarah Masjid Asal Penampaan Akan Diperluas

BLANGKEJEREN – Masjid Asal di Desa Penampaan, Blangkejeren, Gayo Lues merupakan masjid tertua di negeri seribu bukit tersebut. Untuk menjaga kelestariannya, pemerintah setempat berencana memperluas areal masjid tersebut.

Masjid yang memiliki nilai historis ini akan diperluas dengan cara merelokasi penduduk sekitar. “Kalau penduduk diseputaran masjid ini setuju, kami akan mencarikan tanah atau menganti rugi perumahanya, supaya tanah di sekeliling kompleks masjid lebih luas dan mudah dikunjungi warga luar daerah,” kata Bupati Gayo Lues H Ibnu Hasyim.

Selain itu, Ibnu Hasim juga menawarkan kepada masyarakat Penampaan, apakah masjid ini nantinya dikelola oleh Pemda atau desa itu sendiri, kalau dikelola oleh desa, maka penghasilanya untuk desa, begitu juga jika dikelola oleh Pemda, penghasilanya akan dikembalikan ke desa Penampaan berbentuk program, dengan catatan, seluruh pengurusnya akan digaji oleh Pemda.

Masjid Asal kata Ibnu Hasim memiliki banyak kelebihan, selain banyak warga meniatkan sesuatu kepada Masjid Asal, air sumurnya juga diyakini bisa mengobati bermacam penyakit, sehingga setiap hari banyak warga yang berkunjung ke masjid tersebut. “Bukan saja warga Gayo Lues, dari Aceh Tenggara dan Aceh Tegah juga sering mengunjungi masjid ini untuk melaksanakan nazarnya,” ungkap Ibnu Hasyim.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *