,

Siswa Penerima Kartu Indonesia Pintar Didata Ulang

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Aceh Selatan didata ulang. Siswa dari keluarga miskin dan anak yatim yang belum menerima KIP dimasukkan kembali.

“Kami menyediakan dua formulir untuk diisi oleh pihak sekolah, formulir pertama bagi siswa yang menerima kartu dan formulir kedua bagi siswa miskin atau anak yatim yang dinilai layak menerima bantuan namun tidak menerima kartu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Mawardi di Tapaktuan, Senin, 5 September 2016.

Menurutnya, para siswa yang menerima kartu KIP bagian dari program Presiden Jokowi tersebut langsung dilakukan proses pendataan oleh pihak Dinas Sosial dan kartunya dikeluarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta, sehingga mengakibatkan banyak para siswa di daerah itu yang dinilai layak menerima bantuan namun justru tidak mendapatkannya.

“Karena pihak sekolah yang lebih mengerti terkait status siswa, maka kami menyerahkan kepada masing-masing sekolah untuk memilih para siswa tersebut supaya mengisi formulir nomor dua. Data siswa tersebut telah diinput ulang sesuai data dapodik dan dikirim kembali ke Kementerian Sosial. Terkait apakah siswa tersebut nantinya akan turut serta menerima bantuan atau tidak itu tergantung apakah ada dialokasikan anggaran susulan oleh pihak kementerian,” ujarnya.

Mawardi mengaku tidak mengetahui secara pasti jumlah siswa penerima KIP karena proses pendataan langsung ditangani oleh petugas masing-masing yakni ada petugas yang khusus menangani KIP anak TK, KIP anak SD, KIP pelajar SMP dan KIP siswa SMA.

“Jumlah angka pastinya saya tidak ingat, saya perkirakan seluruhnya mencapai ribuan orang. Namun yang pasti terhadap siswa yang telah menerima KIP sejak Desember 2015 lalu, proses penyaluran bantuannya berjalan lancar yang dibayar per dua bulan sekali dan saat ini untuk bulan Agustus dan September sudah masuk tahap lima, bantuan tersebut ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima via Bank yang ditunjuk, siswa penerima bantuan tinggal menunjukkan kartu KIP kepada pihak Bank,” jelas Mawardi.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *